• Tim peneliti ICARUS pimpinan Carlo Rubia yang melakukan eksperimen ulang tentang neutrino menemukan bahwa neutrino bergerak tak lebih cepat dari kecepatan cahaya.
  • Perjalanan ribuan mil selalu dimulai dari langkah pertama
 ~ Pepatah China ~

 Apa yang membedakan seorang awam dengan pembuat sejarah? Bukan harta kekayaan.
  • Ada berita terbaru nih dari OPERA yang sungguh mengejutkan banyak ilmuan.
 Teman-teman mungkin sudah mengetahui Kolaborasi OPERA, sebuah eksperimen yang mempelajari berkas neutrino yang dikirimkan dari CERN ke Laboratorium Gran Sasso di Italia.
  • APA ITU SPEKTROSKOP?
 Spektroskop adalah alat untuk melihat spektrum cahaya.

Senin, 10 Januari 2011

Ini Baru Namanya “SAINS”

“Sains, kalau kamu belum membuat orang marah, kamu belum benar melakukannya.”


Ya, komik dari Abstruse Goose di atas tentu hanya sebuah candaan dari si pembuat komik. Tapi kalau kita pikir-pikir, pernyataan di atas ternyata ada benarnya hingga zaman modern ini. Mau lihat kasus-kasusnya?



«Wahana luar angkasa Galileo»

 

Galileoooo...Galileo adalah wahana luar angkasa NASA yang dikirim untuk mengamati Jupiter. Hasil pengamatan Galileo membuka cakrawala ilmu pengetahuan tentang planet terbesar di tata surya kita ini.
Keberatan:
Ketika seluruh pengamatan selesai pada tahun 2003, NASA memutuskan untuk menjatuhkan Galileo ke planet Jupiter. Hal ini dipikir lebih baik daripada kemungkinan Galileo akan jatuh dan mengkontaminasi salah satu bulan Jupiter. Beberapa orang mengatakan bahwa ini adalah salah satu rencana NASA untuk membuat Jupiter menjadi sebuah bintang. Galileo, yang membawa pembangkit energi tenaga nuklir (Plutonium), akan mengaktifkan Jupiter seperti bom fusi.
Keberatan ditolak:
Intinya adalah massa seluruh Galileo yang cuma 2380 kg itu satu triliun triliun (alias 1024) lebih kecil daripada massa Jupiter. Apalagi Plutonium yang dibawa oleh Galileo hanya sepersekian berat wahana tersebut. Itu mah nggak bakal ngefek buat Jupiter atuh!

«RHIC (Relativistic Heavy Ion Collider


Salah satu modul di RHIC

RHIC adalah pemercepat partikel yang dibangun di Upton, New York pada tahun 2000. Dalam eksperimen di RHIC, ion-ion ditabrakan dengan energi yang tinggi hingga mencapai 500 giga elektron-volt (GeV). Diharapkan dengan eksperimen ini, kita dapat lebih memahami gaya kuat yang mengikat quark satu sama lain sehingga membentuk nukleon.
Keberatan:
Beberapa orang menolak keberadaan RHIC karena ditakutkan salah satu hasil dari eksperimen di RHIC akan menghasilkan lubang hitam yang akan menyedot dan memusnahkan bumi.
Keberatan ditolak:
Planet kita, Bumi, sudah diserang oleh partikel berenergi tinggi yang berasal dari sinar kosmis sejak dahulu kala. Energi sinar kosmis ini 1012 GeV, jauh lebih tinggi daripada energi yang dihasilkan RHIC. Jadi, jika lubang hitam akan tercipta di RHIC, seharusnya sudah tercipta dari jaman baheula. Kalau dihitung-hitung peluang terciptanya lubang hitam di RHIC adalah 1 banding 50 juta. Masih jauh lebih kecil dibanding peluang kita tersambar petir setiap tahunnya menurut National Lightning Safety Institute, yaitu 1 banding 280.000.

«LCROSS (Lunar CRater Observation and Sensing Satellite

LCROSS adalah wahana luar angkasa yang dikirim ke Bulan untuk meneliti keberadaan air di kawah bulan yang selalu terlindung dari sinar matahari. LCROSS terdiri dari dua bagian, bagian pertama akan ditabrakkan ke kawah bulan dengan kecepatan 9000 km/jam sehingga tanah (dan air?) di kawah akan terlempar setinggi beberapa kilometer. Bagian kedua dari LCROSS akan terbang melintasi cipratan tanah (dan air?) ini sehingga akan diketahui apakah terdapat air atau tidak di kawah Bulan.
Keberatan:
Beberapa orang keberatan dan khawatir bahwa eksperimen ini akan menghancurkan Bulan sehingga kita tidak dapat lagi melihat Bulan yang indah di langit malam. Versi lain dari keberatan terhadap eksperimen ini adalah tumbukan LCROSS akan menggeser posisi bulan sehingga merusak kesetimbangan Bumi-Bulan dan menghasilkan perubahan iklim yang dahsyat.
Keberatan ditolak:
Tumbukan meteor dan Bulan dengan tenaga sebesar LCROSS terjadi sekitar sekali tiap pekannya. Jadi jika Bulan akan hancur karena LCROSS, seharusnya Bulan sudah hancur terlebih dahulu jauh sebelum ini akibat hantaman meteor-meteor. Hitung-hitungan dengan hukum kekekalan momentum (hayo, pada bisa nggak?) menghasilkan bahwa kecepatan bulan setelah ditabrak LCROSS akan berubah sebesar 3,5×10-16 km/jam alias 1,3 picometer/s. wih…wih…wih… Diperlukan waktu 25 tahun untuk Bulan agar berpindah sejauh 1 mm dengan kecepatan tersebut. Sebagai perbandingan, Bulan menjauh dari Bumi 3,8 cm setiap tahunnya akibat adanya interaksi pasang surut.

«LHC (Large Hadron Collider

LHC adalah pemercepat partikel paling gress yang dibangun di perbatasan Prancis dan Swiss. Dengan energi maksimum sebesar 14 tera elektron-volt (TeV) diharapkan LHC dapat menguak berbagai misteri fisika yang kita belum ketahui seperti Higgs Boson yang telah diramalkan puluhan tahun lalu namun belum teramati.
Keberatan:
Seperti RHIC, beberapa orang memperkirakan LHC akan memproduksi lubang hitam yang akan menelan bumi dan memusnahkannya.
Keberatan ditolak:
Hm… ditolak nggak yah? Coba deh liat webcam-nya LHC disini
Dikutip dari tulisan Reinard Primulando, pendiri 102 FM ITB

1 komentar: